KODE Dfp 1 Mau Masak Tapi Kehabisan Bahan? Makanan Berikut Ini Bisa Disubstitusi! | Food And Healthy

Mau Masak Tapi Kehabisan Bahan? Makanan Berikut Ini Bisa Disubstitusi!

KODE 200x200
KODE 336x320 atau in artikel
macquarie.nsw.edu.au

Pernah tidak mengalami saat kamu sedang bersemangat untuk membuat kue ternyata kamu tidak menyadari kalau bahan yang krusial sudah habis. Membayangkan harus kembali ke supermarket dan mengantri kembali membuatmu merasa malas dan akhirnya tidak jadi untuk memasak.

Tetapi ternyata beberapa bahan yang sering digunakan dalam memasak bisa disubtitusi dengan bahan yang lain, bahkan beberapa dari mereka sebetulnya lebih sehat daripada bahan yang aslinya. Apa saja?

1. Jus lemon

littlematrix.com

Lemon jus sering digunakan tidak hanya untuk makanan savory, tetapi juga saat membuat beberapa jenis kue. Lemon jus pada umumnya ditambahkan kedalam masakan untuk memberikan rasa asam. Namun jika kehabisan, lemon jus saat bisa digantikan dengan menggunakan cuka untuk mendapatkan rasa asam yang sama.

2. Madu

thecostaricanews.com

Rasa manis dan konsistensi madu yang kental ternyata dapat dibuat dengan melarutkan gula pasir dengan 1/4 gelas air. Bagi kalian yang ingin menggunakan pengganti madu ini di dalam adonan kue, rasio yang diperlukan adalah 1:1.

3. Tepung maizena

organicfacts.net

Tepung maizena yang terbuat dari biji jagung yang telah dikeringkan dan dihaluskan biasanya digunakan untuk memperkental saus atau kuah pada beberapa makanan. Jika kamu kehabisan tepung maizena, ternyata kamu juga dapat memperkental kuah dan saus yang sedang dimasak dengan menggunakan tepung biasa. Bau dan rasa dari kuah dan saus yang telah dikentalkan tidak akan berubah.

4. Telur

mysweetketo.com

Telur tentunya bahan yang sering digunakan dalam membuat kue, tapi bagaimana kalau kamu tiba-tiba kehabisan telur saat baking? Ternyata telur dapat disubtitusi dengan pisang yang dihancurkan hingga halus. Pengganti telur ini cocok banget untuk kalian yang berusaha untuk meningkatkan asupan serat dalam dietmu.

Baca Juga: Biar Mie Instanmu Lebih Bergizi, Coba Tambahkan 6 Bahan Makanan Ini

5. Coklat

approvedfood.co.uk

Bikin brownies tapi kehabisan coklat? Ternyata coklat bisa diganti dengan cocoa powder loh! Tinggal campurkan saja 3 sendok makan cocoa powder dan 1 sendok makan minyak sayur, tekstur dan rasanya akan menyerupain coklat yang telah dilelehkan.

6. Mentega

goodfood.com.au

Sama seperti telur, mentega salah satu bahan yang krusial dalam pembuatan kue. Jika kehabisan mentega, kamu dapat menggantikannya dengan minyak zaitun. 3/4 cangkir olive oil setara dengan 1 cangkir mentega yang dilelehkan.

7. Tepung roti

allrecipes.com

Tepung roti atau tepung panir terbuat dari roti kering yang ditumbuk hingga menyerupai tepung. Biasanya tepung roti digunakan untuk membuat kroket sehingga permukaannya menjadi renyah saat digigit. Jika kehabisan, tepung roti bisa digantikan dengan crackers yang dihaluskan atau ditumbuk hingga teksturnya seperti tepung.

8. Baking powder

azhar.jp

Baking soda sering kali digunakan dalam pembuatan kue, biskuit dan roti untuk mengembangkan adonan sehingga hasilnya terasa lebih lembut dan lumer di mulut. Baking powder bisa digantikan dengan mencampurkan krim tartar dengan baking soda dengan rasio 2 : 1.

Hayo, hanya karena kehabisan beberapa bahan bukan berarti menjadi halangan untuk berlatih memasak, kan?

Sumber
Kode 300 x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2
Kode DFP2