KODE Dfp 1 5 Ikan Laut yang Gizinya Paling Tinggi, yang Mana Favoritmu? | Food And Healthy

5 Ikan Laut yang Gizinya Paling Tinggi, yang Mana Favoritmu?

KODE 200x200
KODE 336x320 atau in artikel
spinneys-dubai.com

Mengkonsumsi hewan hasil tangkapan laut banyak dipercaya sebagai salah satu cara meningkatkan fungsi kerja otak. Alasannya adalah karena kandungan protein, vitamin, dan mineral tinggi di dalamnya.

Sejumlah hasil laut memiliki gizi lengkap yang tak ditemukan pada jenis makanan lain, sehingga membuatnya baik untuk sering dikonsumsi. Di antaranya seperti 5 ikan laut di bawah ini.

1. Salmon

levimmart.com

Kalau bertanya soal ikan laut jenis apa yang paling sehat, salmon pasti masuk dalam daftarnya utamanya. Ikan yang sering diolah sebagai sushi dan sashimi ini mengandung asam lemak omega-3, asam amino,  zat besi, kalsium, selenium, vitamin lengkap, serta tinggi protein.

Konsumsi ikan salmon relatif aman, baik dalam bentuk beku, ikan segar hasil tangkapan nelayan, mau pun yang dibudidayakan dalam penangkaran. Biasanya kandungan merkuri di dalamnya rendah, sehingga baik disantap untuk ibu hamil sekali pun.


2. Udang 

seriouseats.com/Shao Z

Udang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan khas, harganya relatif murah, serta cara memasaknya yang tak terlalu ribet. Hewan laut satu ini rendah kalori, tetapi proteinnya tinggi, sehingga bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang tengah berdiet.

Namun, jenis udang ada banyak dan memiliki nilai nutrisi berbeda-beda. Mayoritas udang aman dikonsumsi karena rendah merkuri.

Baca juga: 5 Restoran Bawah Laut Paling Keren di Dunia Ini Bikin Takjub!

3. Kerang kampak (scallop)

steamykitchen.com

Daging scallop biasanya berbentuk bulat, berwarna putih susu, dan teksturnya lembut. Jenis kerang ini memang bukan sumber protein yang banyak dikonsumsi harian layaknya udang, karena harganya cukup mahal.

Manfaat yang didapat tentu berbeda dari tipe  kerang lainnya. Gizi di dalamnya lumayan lengkap, antara lain protein, vitamin B12, asam lemak omega 3, serta berbagai vitamin dan mineral.

4. Lobster

groupon.com

Lobster ternyata dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena kaya asam lemak omega 3. Jika dikonsumsi ibu hamil, kandungan tersebut akan membantu perkembangan janin. Tidak hanya itu, lobster juga mengandung vitamin B12, vitamin D,  serta mineral seperti seng, magnesium, kalium, tembaga, selenium, dan yodium.

Lobster rendah lemak jenuh sehingga tak berpotensi menimbulkan kolesterol. Dibanding hasil laut lainnya, kandungan merkuri dalam lobster tidak termasuk tinggi. Karena itulah lobster menjadi salah satu makanan laut yang direkomendasikan Food and Drug Administration (FDA).


5. Ikan makarel

spinneys-dubai.com

Ikan makarel kaya protein, vitamin, mineral, dan minyak esensial. Kandungan vitaminnya lengkap mulai dari A, B6, B12, C, D, E, dan K. Asam lemak Omega 3 di dalamnya juga tinggi dan baik untuk perkembangan otak. Belum lagi ikan makarel mengandung antioksiden Coenzyme Q10 yang bisa menurunkan risiko kanker serta menjaga daya tahan tubuh.

Sudah enak, sehat pula ya. Kamu paling suka ikan yang mana, nih?

Sumber
Kode 300 x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2
Kode DFP2